Monday, March 15, 2010

Tips Belajar Yang Menyenangkan Ala Jessyca kumala dewi

Tips Belajar Yang Menyenangkan Ala Jessyca kumala dewi

Biasanya setiap anak cenderung merasa jika belajar itu membosankan, tapi kenyataannya belajar itu penting agar ilmu yang kita dapat ditempat kita menimba ilmu itu tidak sia-sia.
Pada tulisan ini saya akan berbagi kepada kalian semua tentang cara saya belajar agar tidak membosankan. Ada beberapa macam kondisi yang mengharuskan saya belajar sebelum/sesudahnya, berikut ini adalah cara saya belajar sesuai kondisinya:
·         Belajar untuk skedar mengulang pelajaran dikampus/sekolah
1.      Beberapa jam setelah saya pulang dari kampus/sekolah utuk beristirahat, saya menyempatkan diri untuk membaca materi pelajaran yang telah saya dapatkan dikampus/sekolah selama 1 jam.
2.      Setelah itu, saya merelaksasikan diri dengan melakukan kegiatan yang saya suka atau hanya untuk sekedar tidur guna menyegarkan pikiran sehingga bila saya ingin belajar lagi dimalam harinya, kepala saya tidak akan terlalu penuh.
3.      Belajar dimalam hari pun hanya selama 1 jam, dari jam 7 hingga jam 8 malam.
4.      Sediakan makanan ringan dan mendengarkan music instrument, karena jika yang ada suara penyanyinya kita lebih cenderung bernyanyi bukannya belajar.
·         Belajar untuk mengerjakan tugas kelompok
1.      Sepulang dari kampus dan beristirahat untuk makan dan sholat, saya sudah mulai mencari bahan-bahan yang dibutuhkan untuk tugas yang diberikan. Sehingga pada saat waktu kumpul kelompok lebih efektif dan efisien.
2.      Pada saat kerja kelompok harus focus sejak awal, agas tugas dapat diselesaikan dengan cepat. Setelah itu baru acara intermezo.
3.      Tidak lupa saat belajar disediakan makanan ringan dan bila dibutuhkan untuk membantu menghilangkan rasa jenuh diputarkan music.
·         Belajar untuk menghadapi ujian
1.      Saya belajar setiap 1 jam, lalu istirahat ½ jam, dan bgitu terus sampai materi yang dipelajari dikuasai semua.
2.      Jika merasa jenuh, cuci muka dengan air dingin sehinga kita kembali fresh.
3.      Saat sudah siap belajar kembali jangan lupa cari informasi ke teman-teman yang lain apakah ada tambahan materi yang belum kita ketahui.
4.      Music dan makanan ringan adalah cara paling efekti supaya kita tidak ngantuk.
5.      Jangan sekali-kali belajar sambil nonton tv karena akan merusak konsentrasi belajar.
6.      Jangan telpon-telponan atau smsan, karena dapat mengurangi waktu belajar.
·         Belajar untuk menghadapi sidang PI/Skripsi
1.      Baca PI/Skripsi secara berulang-ulang. Max 3 jam sehari, boleh langsung jika sanggup, namun sebaiknya 1 jam saja selama 3x.
2.      Baca buku referensi yang kita miliki agar dapat menambah wawasan.
3.      Apabila ada perhitungan diteliti kembali.
4.      Persiapkan diri untuk pertanyaan yang kurang mask akal, sehinga saat ditanya kita bisa menjawabnya dengan baik.
Dari semua tips yang saya berikan tadi kesimpulannya adalah belajar paling efektif adalah selama 1 jam pertama, karena jika lebih dari itu pasti akan jenuh. Makanan ringan dan music adalah hal yang dapat membantu kita menghilangkan kebosanan atau rasa ngantuk saat belajar.
Jangan lupa semua harus diawali dengan doa. Selamat mencoba semoga penulisa ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Amin…

No comments:

Post a Comment